Langsung ke konten utama

Balada 21 Mei




Hai :)

Hari ini lagi – lagi gue berjumpa dengan tanggal 21 Mei. Iya, 21 Mei2015 ini perjumpaan yang tepat ke – 20 kalinya. Kalo di analogikan perjumpaan ke – 20 ini dengan pertemuan dosen skripsi, mungkin sampai pertemuan ini gue udah ganti 2 atau 3 kali judul skripsi. Baru judul.

Walaupun gue belum tingkat akhir, tapi izinkanlah gue bererita tentang tugas akhir sejenak. Dari semester 5 kemarin gue udah dapet apa yang disebut dengan dosen pembimbing skripsi. Beliau adalah ahli flavor Indonesia, Ibu kita tercinta, Prof. c. Hanny Wijaya. Sayangnya, kesempatan emas ini belum gue manfaatkan dengan optimal, karena ada beberapa hal yang harus gue selesain di semester ini ( Semester 6 ) sampai semester depan.

Setiap beliau meminta adanya pertemuan dengan anak bimbingannya, gue selalu gak hadir, bukan mencari alasan, tapi emang selalu bentrok dengan sesuatu…. yang akhirnya gue jadikan alasan. Muehehe

Hari ini gue belum mau cerita panjang tentang tugas akhir, karena belum saatnya. Hari ini gue cuma mau berbagi pandangan tentang tanggal 21 mei, secara gak sadar di tanggal ini dari beberapa tahun yang lalu banyak kejadian hangat yang seringkali menarik perhatian khalayak ramai, Dan seringkali juga mengalihkan orang - orang  bahwa di tanggal 21 Mei ini GUE ULANG TAHUN.

21 Mei 1998

Puncak Reformasi Negara Kesatuan Republik Indonesia jatuh tepat pada tanggal 21 Mei 1998. Ribuan mahasiswa berdemonstrasi menuntut reformasi segera dilaksanakan. Termasuk, meminta Presiden Suharto lengser di kala itu. Ribuan rakyat lain turun ke jalan turut menyuarakan kegeramannya, kesengsaraan yang sudah lama dialami menambah kondisi emosional rakyat yang semakin buruk. Di Jakarta sendiri, tempat perputaran uang seperti Harko Glodok, Pasar Baru, dan Mangga Dua menjadi sasaran empuk penjarahan oleh masyarakat sekitar Jakarta. Kerusuhan di mana – mana, pertikaian antara mahasiswa dengan polisi terjadi di tengah jalan.

Dan gue, gue ulang tahun hari itu. Bayangin, umur 3 tahun yang harusnya lagi lucu – lucunya duduk di depan kue ulang tahun, gue malah duduk di dalam mobil yang kondisi di luar mobil sedang sangat tidak kondusif. Mobil yang waktu itu tujuannya adalah keluar Jakarta, evakuasi dari kondisi Jakarta yang sedang kisruh. Kaca mobil sempat diketuk oleh orang yang ada di luar memaksa keluar dari mobil, orang – orang lari mengamankan diri, dan sebagian lainnya lari membawa barang jarahan.

Begitulah cerita yang diriwayatkan oleh kakek gue, orang yang memberi nama gue “ zein “ karena terinspirasi dari guru ngajinya waktu muda dulu. Jangankan kado, Ucapan selamat ulang tahun pun minim, Cuma dari keluarga gue aja. Sedih yah.

21 Mei 2000

Persahabatan adalah salah satu hal yang sangat harus dijaga, persahabatan tidak mengenal umur, walaupun umur sudah tua, bukan berarti tidak ada lagi yang namanya sahabat. Dan Menjaga persahabatan salah satunya bisa dilakukan dengan arisan. Iya, arisan.

Di umur gue yang 5 tahun, ibu gue punya suatu kelembagaan yang dikenal dengan nama “ Ibu - ibu Pengajian “ dan di tanggal 21 Mei tahun 2000 ibu gue sengaja membentrokkan jadwal arisannya sama ulang tahun gue. Biar hemat katanya mah. Alhasil, harusnya gue yang bisa ngerayain ulang tahun bareng temen – temen sebaya, di tanggal 21 Mei tahun 2000 gue ngerayain bareng ibu – ibu yang bajunya penuh dengan manik – manik, model paling trendi di kala itu.

Alhasil juga, kado yang gue dapet gak sesuai harapan, karena niat utama ibu – ibu yang haus uang dan persahabatan ini bukan ke ulang tahun gue, tapi ke agenda utama, yaitu pengocokkan arisan. Kado yang gue dapet semuanya isinya boneka, doraemon, tupai kembar, kucing gendut, dan beruang kerdil semua tertata rapi di kamar, kamar yang pintu masuknya ada sticker “ Kamar cowok “ tapi pas masuk ke dalam ternyata isinya adalah kamar cewek.

21 Mei 2008

Gue kelas 2 SMP di tahun 2008, kelas yang isinya Cuma ada 7 cowok pilihan yang di ambil dari 6 kelas VII ( 1 – 6 ). Dulu, gue di kelas setiap istirahat jarang keluar kelas, gue selalu main catur, bukan Karena hobi, tapi biar gue gak bulak – balik kantin habisin uang jajan gue. Gue juga bawa bekel waktu kelas 2 SMP. Cowok dengan muka sangar sekaliber gue jarang – jarang bawa bekel. Gue banga waktu itu. Walaupun temen gue jiji.

Kelas gue dengan Sumber Daya Cowok Cuma 7 orang itupun ada 1 yang kurang cowok, selalu bingung kalo lagi olahraga dan ada jam kosong buat main bola. Akhirnya, jadilah main bola 4 lawan 3. Dan gue selalu ada di tim yg 3 orang. Gue dulu jago main bolanya. Dulu, sekarang bolanya gak gue mainin, tapi nempel di perut. Gue buncit.

21 Mei 2008 sekali lagi kebetulan ada kejadian yang cukup menarik perhatian khalayak ramai, khususnya cowok. Karena di Tanggal 21 Mei 2008 ada Final Liga Champion antara Manchester United Vs Chelsea. Final yang di adakan di kota moskow, Rusia. Waktu itu juaranya adalah Manchester United ( MU ) setelah adu pinalti dengan Chelsea. Pertandingan di siarin di Indonesia 21 Mei pagi sekitar jam 2, tentunya cowok pasti banyak bahasan kalo habis nonton bola, apalagi final, apalagi sampe adu pinalti, apalagi… apa lagi ya.

Besok paginya, pas di sekolah. Bener aja, alih – alih gue berharap banyak yang ucapin pas di kelas, namun harapan selalu berbeda dengan kenyataan. Temen – temen cowok gue bahas bola semua.

 Sebut saja temen gue yang satu ini namanya adul.

Adul                                       : “ Wey Zein “

Gue ( dalam hati )            : “ Makasih yah, semoga doanya juga kembali kepada yang mendoakan “

Gue udah menyiapkan kata yang sangat bijak dan dewasa kalo dia ucapin dan doain gue di 21 Mei.

Gue                                       : “ ya apa dul? “  Dengan sedikit Senyuman kharismatik gue ke arah dia

Adul                                       : “ Lo nonton gak final semalem, seru banget coy “

Gue                                       : “……”

Kamfredh!

21 Mei 2012
Fenomena Alam yang terjadi sesekali adalah hal yang biasanya menarik perhatian masyarakat selain beredarnya video mesum artis, meninggalnya artis legenda, dan prediksi tanggal kiamat. 21 Mei tahun 2012 disinyalir waktu itu akan terjadi gerhana matahari cincin. Walaupun yang terjadi adalah gerhana matahari cincin tetapi untuk Indonesia, kita waktu itu hanya dapat melihat dalam bentuk gerhana matahari sebagian.  

Jadi, ceritanya di tahun 2012 gue lagi aktif – aktif nya di twitter, semua Trending Topic gue update di kala itu, waktu itu juga ada akun misterius yang tenarnya naudzubillah, username akun itu @poconggg , sebenernya gak ada hubungan antara cerita gue sama dia, Cuma buat buktiin kalo gue gak bohong aja.

 Alih – alih di tanggal ini banyak yang mention gue ucapin selamat ulang tahun, udah gue pancing tweet 1 kali, 2 kali, biar kode kalo gue lg aktif, tapi yang ada semua lini masa fokus terhadap bahasan Gerhana cincin matahari, jadilah hanya satu orang dua orang yang ucapin gue ‘ selamat ulang tahun ‘. Sedih.

21 Mei 2013

21 Mei 1998 ribuan mahasiswa berbondong – bondong turun untuk aksi menyuarakan kegelisahan rakyat, melengserkan presiden Suharto digantikan dengan pak BJ Habibie. 15 Tahun kemudian di tanggal yang sama mahasiswa kembali turun ke jalan, tapi bukan untuk melengserkan presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) tapi sekedar untuk menyampaikan tuntutan kepada KPK untuk mengusut kembali kasus – kasus korupsi yang seperti dilupakan begitu saja. Di kala itu, aksi dilakukan di depan Gedung KPK.

Gue, waktu itu udah masuk kuliah, baru tingkat pertama, gaktau ada angin apa gue serasa terpanggil dengan seruan aksi yang menyebar lewat Jarkom dan Poster di kampus. Jadwal Kuliah gue korbankan untuk menadi 1 dari 1000 orang yang membela kebenaran pada hari itu. Sebenernya gak ada cerita lucu di hari itu, Cuma mau cerita aja, toh hidup gak harus selalu lucu – lucuan, kadang juga harus serius. Tsah.

Jadi, ceritanya gue ikut aksi di umur gue yang 18 tahun. Memperingati 15 tahun pasca reformasi yang tak kunjung berbeda jauh keadaannya. Alih – alih gue mau menyuarakan aspirasi masyarakat di depan gedung KPK, sesampainya di sana gue malah reuni sama temen SMA. Ketemu temen baru, ngobrol, dan jajan – jajan minuman berenergi, tapi gak sampe selfie senyum – senyum genit.

21 Mei 2015

Hari ini, gue mengulangi kejadian 2 tahun yang lalu, ketika gue ulang tahun namun gue turun ke jalan menjadi 1 dari 1000 orang yang menyuarakan kebenaran. Sebenernya, saat kita turun ke jalan pun kita mendapat pelajaran yang berharga, sangat banyak. Gue menyebut turun jalan kali ini, dengan Praktikum lapang kehidupan bermasyarakat.

Kita bisa belajar lebih, dari mulai pelajaran tentang Dilema Tugas dan Keinginan yang dirasakan pak polisi, tugas dia sebagai aparatur Negara, mendapat tugas dari atas untuk mengamankan keadaan di jalan agar tidak kisruh menjadi kontradiksi dengan keinginan pak polisi untuk mambantu mahasiswa menyampaikan aspirasi rakyat, karena pak polisi adalah bagian dari rakyat. Dilanjut dengan pelajaran Kepentingan pribadi kepentingan kelompok di jalan, kepentingan pribadi bisa di transformasikan dengan kepentingan kelompok, segmentasi mahasiswa menjadi beberapa golongan, kanan dan kiri, ekstra dan intra, basisnya adalh kepentingan pribadi yang menjadi kepentingan kelompok. Serius banget ya tulisan gue.

Gue, gue genap berumur 20 tahun hari ini, kalo 2 tahun lalu gue reuni di aksi bareng temen SMA, hari ini ternnyata gue reuni bareng temen Forum Nasional Sosial Masyarakat. Forum yang isinya adalah menteri – menteri sosial masyarakat BEM KM Seluruh Indonesia.

Kalo 19 tahun yang lalu orang – orang lupa gue ulang tahun tanggal 21 Mei, di umur gue yang 20 tahun ini gue sendiri lupa kalo gue ulang tahun, di tengah jalan dengan teriakan “ Hidup Rakyat Indonesia “ berulang – ulang gue sadar bahwa sebenernya masih banyak yang harus dipikirin, dan banyak juga yang harus dilupain, karena permasalahan non- pribadi yang bobotnya jauh lebih besar dari masalah pribadi.

Menutup tulisan gue di perjumpaan yang ke – 20 dengan 21 Mei. Ada ucapan orang yang menurut gue bagus untuk dipahami.


Selamat Ulang Tahun Zein,


Adakalanya keputusan – keputusan di masa twenties ini berpengaruh sangat besar untuk kehidupan kita ke depannya.


Selamat Bijak – bijak memutuskan :)


Terakhir, Gue mau menyampaikan ucapan spesial selamat ulang tahun juga buat orang yang hari lahirnya setelah lahir gue, 22 Mei. Selamat Ulang Tahun :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulas Film : Aladdin

                              Will Smith Steal The Show, Aladdin and Jasmine Steal The Heart Sinopsis : Film Aladdin adalah film Live-Action Disney yang kesekian kalinya, bercerita tentang pemuda yatim piatu miskin yang tinggal di sebuah kota bernama Agrabah dan hanya ditemani dengan seekor monyet cerdik bernama Abu. Suatu hari, Aladdin bertemu dengan Putri Kerajaan yaitu Putri Jasmine yang sengaja menyembunyikan identitasnya di kerumunan pasar. Putri Jasmine adalah anak dari Raja Kerajaan Agrabah, kerajaan yang juga memiliki penasihat kerajaan yang secara tersembunyi memiliki keinginan jahat untuk menguasai kerajaan dengan cara mencari Lampu Ajaib yang konon bisa mengabulkan segala permintaan. Pertualangan dimulai ketika Aladdin lah orang yang bisa menemukan lampu ajaib tersebut terlebih dahulu dari penasihat kerajaan Agrabah. Ulasan : Aladdin adalah film Live-Action Disney yang hadir ke layar bioskop setelah Dumbo dan Christopher Robin. Layaknya Film Live-Action Di

IPB OH IPB

          Yeay akhirnya setelah sekian lama, Blog gue bisa kebuka lagi *kayang sambil minum es           Akhirnya juga setelah beribu-ribu tahun, gue bisa celoteh panjang yang insya Allah gak ada yang liat. Bukan.. bukan karena gue gak mau kasih liat, tapi emang gak ada yang mau liat, gak ada yang visit blog gue. oke mulai.... Bulan puasa, bulan yang penuh rahmat, dimana semua orang berlomba-lomba berbuat kebaikan, dimana pahala di lipat gandakan, disitu pula orang terlihat mengenaskan. Banyak banget orang-orang yang kerjaannya cuma tidur-tiduran, entah di kamar, kostan, atau di tempat yang paling nyaman buat numpang tidur, balkon masjid. Gaya tidurnya pun macem-macem, ada yang selow tidurnya kaya putri salju, ada juga yang tidurnya beringas kaya beruang madu yang lagi operasi cesar.           Eh tapi Gue gak mau cerita tentang ramadhan, dosa. Gue mau cerita tentang............ IPB *jeleger . Kampus tercinta, kampus hijau, kampus yang gue impi-impiin

Ulas Film : Film Wewe Gombel Versi Latin Tidak Lebih Seru dari Wewe Gombel Versi Lokal

Film The Curse Of The Weeping Woman sudah menarik untuk dilihat ketika tiba – tiba ganti judul yang awalnya The Curse of La Llorona menjadi The Curse Of The Weeping Woman. Hal yang menarik lainnya adalah karena film ini diproduseri oleh James Wan yang kemarin sukses dengan Aquaman dan juga sebelum-sebelumnya cukup sukses dengan The Conjuring Universe . Film La Llorona termasuk ke dalam Universe-nya The Conjuring, tepatnya beberapa tahun setelah film Anabelle yang pertama. Premis film The Curse Of The Weeping Woman adalah tentang seorang Orang tua tunggal yang mempertahankan kedua anaknya yang ingin diambil oleh roh jahat La Llorona. La Llorona sendiri mempunyai history perempuan yang membunuh anak-anaknya karena sakit hati diselingkuhi oleh sang suami, kemudian membunuh dirinya sendiri dan menjadi roh jahat yang ingin mengambil setiap anak – anak yang tak lagi disayangi oleh orang tuanya. Roh Jahat ini disebut sebagai La Llorona... atau bisa juga disebut di Indonesia seba