Langsung ke konten utama

IPB OH IPB

          Yeay akhirnya setelah sekian lama, Blog gue bisa kebuka lagi *kayang sambil minum es


          Akhirnya juga setelah beribu-ribu tahun, gue bisa celoteh panjang yang insya Allah gak ada yang liat. Bukan.. bukan karena gue gak mau kasih liat, tapi emang gak ada yang mau liat, gak ada yang visit blog gue.

oke mulai....

Bulan puasa, bulan yang penuh rahmat, dimana semua orang berlomba-lomba berbuat kebaikan, dimana pahala di lipat gandakan, disitu pula orang terlihat mengenaskan. Banyak banget orang-orang yang kerjaannya cuma tidur-tiduran, entah di kamar, kostan, atau di tempat yang paling nyaman buat numpang tidur, balkon masjid. Gaya tidurnya pun macem-macem, ada yang selow tidurnya kaya putri salju, ada juga yang tidurnya beringas kaya beruang madu yang lagi operasi cesar.

          Eh tapi Gue gak mau cerita tentang ramadhan, dosa. Gue mau cerita tentang............ IPB *jeleger .




Kampus tercinta, kampus hijau, kampus yang gue impi-impiin dari jaman gue TK, kampus yang kira-kira luasnya 270-an hektar, yang hampir sama kaya satu desa, yang kalo malem minim penerangan, yang enak banget di jadiin tempat gitu-gituan, kampus yang pegel banget kalo di pake jalan-jalan.

          Alhamdulillah gue udah jadi mahasiswa IPB walaupun masih tingkat TPB, gue masuk departement teknologi pangan, yang konon katanya departement atau jurusan yang paling mantep di IPB, banyak orang-orang terpilih kumpul disitu. Tapi sayangnya di lingkungan rumah, sekolah, dan temen – temen sekolah gue pun memandang IPB itu sebelah mata. Mereka nganggep pertanian itu cuma butuh cangkul sama butuh pengalaman buat jadi petani yang ekspert, gak butuh kuliah.  Bahkan teknologi pangan yang segitu tenarnya di IPB, kalo gue cerita ke temen-temen sekolah gue, itu gak lebih dari jurusan yang aneh yang gak ada bonafit-bonafitnya, dikit banget yang tau itu jurusan apa.

Temen gue   : “ lo mau ambil jurusan apa zein di IPB?”.

Gue               : “ Teknologi pangan ”.

Temen gue    : “ apa tuh? Yang buat makan sapi gitu2 yah? ”.

Gue                : “ itu pakan bego ”.         
     
27 - 06 – 2012

          Gue dateng ke asrama IPB sama keluarga besar, yang bikin gue sedih masuk asrama tuh bukan karena nanti jauh dari orang tua, tapi karena orang tua gue yang mau jauh-jauh dari gue, makanya gue sedih, liat muka ibu gue yang waktu itu kayaknya seneng banget anaknya tinggal di asrama, pengen banget kayaknya jauh-jauh.
                                            
          Harapan awal, asrama nya tuh enak, nyaman lah minimal buat ditinggalin satu tahun. pas gue dateng ke asrama IPB, asramanya ada tiga gedung, gedung C1,C2, C3 . Gue liat di papan pengumuman pembagian gedung, gue dapet gedung C1, tempatnya paling atas, jadi kalo sewaktu-waktu ada tsunami atau banjir bandang, gue insya Allah gak kenapa-kenapa, dan insya Allah juga ibu gue gak jadi pasang bendera kuning buat anaknya.

          Gue naik ke tangga, masuk ke dalem asrama, di pintu asrama ada dua orang penerima mahasiswa baru yang mau registrasi ke asrama, di antara dua orang itu ada satu orang yang kayaknya gue pernah liat waktu lagi daftar ulang di GWW tempat anak IPB di wisuda. kalo mata gue gak jeli waktu itu, gue bisa kena tipu sama dia, gak keliatan banget kalo dia itu mahasiswa baru, lebih keliatan mahasiswa tingkat akhir.
Oke kita flashback dulu biar gak bingung orang itu siapa,

26 – 06 – 2012 (Registrasi ulang)

Gue berangkat dari rumah sekitar 05.45 WIB,  dianter sama keluarga yang jumlahnya waktu itu 8 orang, di undangan yang gue print-out di web nya IPB  harusnya gue itu dateng jam 9, tapi entah kenapa  emang karena gue terlalu rajin atau emang karena keluarga gue mau cepet-cepet ngejauh dari anggota keluarga nya yang satu ini,  jam 07.30 WIB gue udah sampe di IPB. Yah otomatis gue bengong kaya ayam yang lagi gak enak badan, di depan gedung GWW (Graha Widya Wisuda) tempat mahasiswa baru registrasi ulang.

Di tengah pertungguan buat daftar ulang, gue liat banyak anak-anak IPB jualan donat dan makanan-makanan ringan lainnya, dan gue bingung harus bangga apa malu liat kakak tingkat menjajahkan donat yang dia jual ke mahasiswa baru yang lagi duduk nunggu. Sesuai dugaan ada aja anggota keluarga gue yang komentarin mahasiswa IPB nawarin donat, dia sodara gue, sebut saja egi.

Egi     : ” dun, nanti lo gitu yah jual donat gitu pagi-pagi di kampus? Ih gak jadi masuk sini lah gue kalo gitu” 

Gue   : “ Enggak lah,  tau itu mah insiatif aja kali”

Gue ngeles biar gak jatoh banget IPB di mata dia.

Jam 08.00 WIB gue masuk naik ke tangga GWW mau check tentang jam yang ada di undangan, ternyata udah rame banyak mahasiswa baru yang mukanya kaya mahasiswa lama yang nunggu di tangga gedung GWW, di antara kerumunan itu gue tertarik sama satu orang, yang awalnya gue kira dia mahasiswa  tingkat akhir yang lagi ngatur adek-adeknya registrasi ulang. Tanpa basa-basi gue langsung nyamperin dia.

Gue            : “ Di undangan jam berapa? ”.

Dia              : “ jam 9, jam berapa? ”.

Gue            : “ haha sama jam 9 ”.

Dia              : “ saya fendi, dari lampung ” ngulurin tangan.

Gue            : “ Gue zein, Jakarta ” ngulurin piso.

          Fendi          : “ Oh Jakarta, Apa? Zin? Jurusan apa? “.

Kurang ajar.

          Gue            : “ Bukan zin, zein, maher zein. Tekpang, lo apa? “

          Fendi          : “ oh zein, Gue BDP, Budidaya perairan”

Oke, Jadi namanya fendi dia dari lampung, FPIK department Budidaya perairan.  Kita kembali ke cerita awal…

27 – 06 - 2012

Gue naik ke tangga, masuk ke dalem asrama, di pintu asrama ada dua orang penerima mahasiswa baru yang mau registrasi ke asrama, di antara dua orang itu ada satu orang yang kayaknya gue pernah liat waktu lagi daftar ulang di GWW tempat anak IPB di wisuda. kalo mata gue gak jeli waktu itu, gue bisa kena tipu sama dia, gak keliatan banget kalo dia itu mahasiswa baru, lebih keliatan mahasiswa tingkat akhir.

Gue tegor dia.

Gue            : “ lah fen lo ngapain disini pake Almamater? “

Fendi          : “ disuruh hehe, silahkan isi formulirnya dulu “

Gue dikasih formulir pengisian anggota asrama, ternyata gue satu lorong sama dia (ya Allah dosa apa), gue dapet kamar 15 dia dapet kamar 19.

Gue duduk di lobby asrama C1 sama keluarga besar gue yang unyu-unyu tingkat dewa, gue perhatiin muka mahasiswa-mahasiswa baru yang lagi mundar-mandir ngurus registrasi asrama, dari orang-orang yang gue liat gak ada sama sekali tampang yang nunjukkin kalo dia anak kuliahan, kebanyakan mahasiswa IPB berasal dari daerah-daerah, jadi gue agak heran liat mukanya yang borosnya melebihi borosnya muka gue.

Hampir 2 jam keluarga gue duduk-duduk di lobby asrama sebelum mereka pulang. Gue anter sampe parkiran asrama TPB IPB, ibu gue nangis,  nenek gue juga, yang gak nangis cuma sodara gue, dia laper mau cepet-cepet pulang makanya gak nangis. Gue agak terharu juga waktu mereka bilang gue harus jaga diri disini, jangan lupa solat, jangan lupa makan, dan sebagainya yang biasa orang bilang kalo lagi perpisahan.

Gue balik ke asrama, ke kamar, disana ada 4 tempat tidur yang berarti nanti ada 4 orang yang jadi temen sekamar gue selama satu tahun ke depan, gue gak tau orang-orang itu kaya gimana dan orang-orang itu pun gak mau tau gue kaya gimana, kita semua disini gamble gak kenal satu sama lain, tapi anehnya kia bakalan jadi temen sekamar selama satu tahun .

 Gue langsung liat kamar mandinya, subhanallah banget tempatnya serem. Air keran nya kenceng ngalirnya, suara alirannya kaya hembusan api dari kenalpot pesawat jet (?) . Balik dari kamar mandi, di kamar gue udah dateng satu orang.

Gue            : “ namanya siapa? Darimana? “

Dia              : “ Umam, dari Madura, kamu siapa? Darimana? “

Gue            : “ Gue zein, dari Jakarta, jurusan apa? “

Dia              : “ TMB, kamu apa? “

Gue            : “ oh, gue tekpang “

Namanya Umam dia dari Madura, fakultas nya sama kaya gue FATETA (Fakultas Teknologi Pertanian), tapi dia department TMB (Teknik Mesin dan Biosistem). Setelah sekian pertanyaan gue lemparin ke dia, gue merasa beruntung gue masih bisa dianter keluarga ke IPB, dia dateng ke IPB sendiri naik kapal laut yang lama perjalanannya bukan lagi jam, tapi udah hari. Gue salut sama orang-orang dari daerah, presepsi gue tentang orang-orang dari daerah selama ini bener, mereka lebih berani ketimbang orang-orang yang ada di kota, mereka jauh lebih mandiri ketimbang temen-temen sekolah gue yang gakmau sama sekali jauh-jauh dari orang tuanya, padahal itu buat kepentingan akademik dia sendiri.

Sorenya, penghuni kamar 15 pun bertambah, namanya luthfi dari tembilahan, Riau. Gue gak tau dan gak mau tau itu daerah dimana, yang pasti jauh banget dari Jakarta, dari barang-barang yang gue liat dibawa sama itu bocah Riau, gue bisa buat hipotesis kalo dia itu agak gaul dan agak labil, dia pake kaos merk Afends dan bawa di kopernya topi ala-ala Pee wee gaskins plus kacamata yang dipake sama vokalisnya Dochi .

Malam pun tiba, baru kerasa bedanya tidur dirumah sama tidur di luar rumah yang jauh dari orang tua, gue dirumah satu kamar berdua sama kakak gue, tapi sekarang gue harus biasain ada 3 orang di kamar gue yang gue pun gak tau kepribadian mereka masing-masing 
.
18 - 08 – 2012

Di kamar, hari terakhir puasa, gue ngetik tulisan ini. Udah 40 hari gue stay di asrama TPB IPB, banyak orang-orang baru yang gue temuin di sana, ada keluarga baru yang gue dapet di IPB, keluarga itu ada berdasarkan orang – orang yang punya nasib sama, orang – orang yang terjebak di sebuah lorong yang bernama lorong 2 di sebuah asrama C1, di dalam  institut yang berbasis pertanian ini.  Mungkin mereka yang nanti buat gue gak bakal ngerasa kalo gue lagi di asrama satu tahun ke depan, asrama yang banyak banget peraturan, peraturan yang membatasi hak – hak gue demi kenyamanan hak – hak orang lain yang ada di sekeliling gue, yang mungkin sama kayak gue ngerasanya tentang asrama, gak enak .

Banyak juga fakta – fakta unik yang gue temuin selama 40 hari di IPB, di IPB ceweknya mayoritas berkerudung ( ya Allah), serasa gue lagi mondok di pesantren, terus banyak banget pohon – pohon gede di pinggir jalan setapak, kayak  lagi belajar di Hutan, gue takutnya tuh pas gue lagi belajar asik – asik di kelas tiba – tiba babi hutan lewat masuk ke ruangan kelas, menyusul buaya putih, anoa jepang, dan badak cula satu masuk ke dalem kelas.

Yaudah lah yah sekian aja cerita gue yang gak jelas yang mungkin gak ada yang baca juga.

 Gak tau kenapa, gue ngetik tulisan ini, gue tiba – tiba kangen sama temen – temen yang ada di asrama, giliran di asrama gue kangen rumah, tapi giliran di rumah gue kangen asrama, labil abis. Tinggal 1 minggu lagi gue ada di Jakarta dan balik ke asrama, ketemu orang – orang gak jelas di asrama C1 lorong 2, temen seperjuangan selama satu tahun ke depan, dan semoga aja gue bisa sukses kuliah di IPB, walaupun suasananya amat sangat panas dan gak mendukung, tapi bodo amat, semoga gue bisa cumlaude (amin), dan jadi mahasiswa berprestasi di IPB, go to japan, dan mengharumkan nama Indonesia di negeri sakura itu (amin lagi) .

Kampusku  tercinta, kampus hijauku Institut  Pertanian Bogor.

Komentar

  1. Terima kasih atas postingannya, kak. Lucu, ringan, dan saya jadi punya bayangan asrama ipb. Salam kenal, saya nurisya siswa sman 7 bogor yg bercita2 jadi maba ipb jurusan tekpang :) semoga bisa diterima amiiin.

    BalasHapus
  2. iya sama - sama, semoga ini bisa memberi semangat buat masuk ITP IPB. See you soon ya, good luck :)

    BalasHapus
  3. Hahha ringan lucu seru.. A

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulas Film : Aladdin

                              Will Smith Steal The Show, Aladdin and Jasmine Steal The Heart Sinopsis : Film Aladdin adalah film Live-Action Disney yang kesekian kalinya, bercerita tentang pemuda yatim piatu miskin yang tinggal di sebuah kota bernama Agrabah dan hanya ditemani dengan seekor monyet cerdik bernama Abu. Suatu hari, Aladdin bertemu dengan Putri Kerajaan yaitu Putri Jasmine yang sengaja menyembunyikan identitasnya di kerumunan pasar. Putri Jasmine adalah anak dari Raja Kerajaan Agrabah, kerajaan yang juga memiliki penasihat kerajaan yang secara tersembunyi memiliki keinginan jahat untuk menguasai kerajaan dengan cara mencari Lampu Ajaib yang konon bisa mengabulkan segala permintaan. Pertualangan dimulai ketika Aladdin lah orang yang bisa menemukan lampu ajaib tersebut terlebih dahulu dari penasihat kerajaan Agrabah. Ulasan : Aladdin adalah film Live-Action Disney yang hadir ke layar bioskop setelah Dumbo dan Christopher Robin. Layaknya Film Live-Action Di

Ulas Film : Film Wewe Gombel Versi Latin Tidak Lebih Seru dari Wewe Gombel Versi Lokal

Film The Curse Of The Weeping Woman sudah menarik untuk dilihat ketika tiba – tiba ganti judul yang awalnya The Curse of La Llorona menjadi The Curse Of The Weeping Woman. Hal yang menarik lainnya adalah karena film ini diproduseri oleh James Wan yang kemarin sukses dengan Aquaman dan juga sebelum-sebelumnya cukup sukses dengan The Conjuring Universe . Film La Llorona termasuk ke dalam Universe-nya The Conjuring, tepatnya beberapa tahun setelah film Anabelle yang pertama. Premis film The Curse Of The Weeping Woman adalah tentang seorang Orang tua tunggal yang mempertahankan kedua anaknya yang ingin diambil oleh roh jahat La Llorona. La Llorona sendiri mempunyai history perempuan yang membunuh anak-anaknya karena sakit hati diselingkuhi oleh sang suami, kemudian membunuh dirinya sendiri dan menjadi roh jahat yang ingin mengambil setiap anak – anak yang tak lagi disayangi oleh orang tuanya. Roh Jahat ini disebut sebagai La Llorona... atau bisa juga disebut di Indonesia seba