Langsung ke konten utama

Dormitory

Rabu, 28 november 2012


 Yah, karena di lorong gue dewasa ini terkena wabah demam nulis atau dalam bahasa kedokteranya itu adalah nulisitis. Mereka udah melihatkan gejala – gejala terkena penyakit nulisitis, gejala dari penyakit nulisitis tuh biasanya seseorang menjadi rajin menulis. Berdiam diri duduk di pojokan kamar, curhat dengan laptop atau notebook mereka, sambil senyam – senyum menjijikan sendiri.

Kalo seseorang sudah terlihat seperti tadi, maka positif dan bisa dipastikan orang itu terkena penyakit nulisitis. Begitu juga dengan temen – temen gue yang ada di asrama, mereka tiba – tiba berlomba – lomba nulis tentang kehidupan mereka di asrama. Mereka jadi penulis karbitan, nulis buat blog, sekedar curhat di laptop, dan ada juga yang nulis buat bahan modusan. Modus dengan cara maksa orang yang dia suka cuma buat sekedar baca hasil tulisan dia yang dia buat selama berjam - jam. Kreatif.

Tema gue kali ini, yah sama sih kaya mereka, gue mau bahas baik dan busuk buruk nya tinggal di ASRAMA.



             

                Gue kurang lebih 5 bulan tinggal di asrama udah ngerasain sisi positif dan negatif tinggal di asrama, tempat tinggal yang isinya bukan keluarga primer ataupun keluarga sekunder, tapi berisi orang – orang yang terpaksa dan terjabak di tempat tiggal 2 lantai yang kamarnya ada ratusan, dan mencoba “mengkeluargkan” diri mereka dengan orang lain. Itulah definisi asrama menurut gue.

                Di asrama gue itu dibagi menjadi beberapa lorong, ada 10 lorong kalo dijumlah, dan di tiap lorong itu mempunyai seorang pemimpin, dipilih secara kekeluargaan, mempunyai masa jabatan satu tahun selama mereka menjadi insan asrama. Oh iya, insan asrama adalah sebutan buat orang yang tinggal di asrama. Konyol emang namanya. Mirip – mirip sama nama artis teryahut sepanjang sejarah perfilman Indonesia. Insan Nuraini. Itu Intan. Garing abis, lawakan klasik.

Asrama ini juga biasanya adain Apel pagi, jam 05.45 WIB . Kumpul deh disitu manusia – manusia aneh dengan berbagai bentuk dan berbeda kemasan. Dari mulai pake sarung, peci, sama baju kokok putih, udah kayak tukang doa kuburan. Matanya sayup, rambut acak – acakan, mukanya pun masih muka rindu akan bantal, iler masih menempel di pinggir – pinggir mulut. Yah begitulah pokoknya.

                Di asrama juga banyak banget aturan yang menurut gue itu sangat  memberatkan orang – orang yang tinggal di asrama. Gak boleh bawa kendaraan, gak boleh keluar malem, sangat kaku kalo orang yang udah dewasa itu gak boleh keluar malem, siapa juga yang mau nyulik orang – orang yang tinggal di asrama yang umurnya rata – rata  17 tahun, udah udzur, nyusahin, banyak maunya. Gak logis juga ketika orang – orang yang ada di asrama dilarang membawa kendaraan dari rumah, yah mungkin maksud si pembuat aturan itu baik, supaya orang – orang yang tinggal disini jadi kayak atlet, betisnya keker urat menonjol dimana – mana.

           
Hal yang paling menyedihkan adalah seringnya mati air di asrama tercinta ini. Kalo udah moment – moment air mati, pasti di depan kamar mandi udah rame orang ngantri mau mandi, dan moment yang paling aneh itu adalah ketika mereka mulai kesel, marah – marah, ngedumel pake bahasa mereka masing – masing, Gue gak ngerti apa yang diomongin sama mereka, gue cuma bisa bengong, kesiksa tambah sakit perut, merana di depan pintu wc berharap ada subtitle ketika mereka ngomong pake bahasa daerah mereka. Banyak juga orang di asrama ini ketika air mulai mati mereka gak mandi kalau mereka pergi kuliah. Merasa diri mereka paling wangi di antara manusia – manusia lain yang hidup di bumi.

Wc mampet juga kadang - kadang jadi hal yang bikin penat di asrama, sisa - sisa hasil metabolisme peninggalan manusia yang kurang bertanggung jawab dan bisa membuat suasana pagi kurang berkenan di asrama. Harus ekstra hati - hati kalo mau masuk ke Kamar mandi, kalian harus doa sekenceng - kencengnya supaya gak dapet WC yang isinya zonk.



  
Jadi, ada beberapa aturan bertahan hidup ketika air di asrama mati.


Rule :

  • Number one  : Pakailah daleman baju anti gerah ( re : tanktop/kaos tanpa lengan ) selama jam perkuliahan, kalau di asrama kalian mati air.
  • Number two  : Perbanyaklah parfum. Karena bau busuk badan kalian akan tertutupi aroma terapi parfum.
  •  Number three : Jauhilah keramaian, untuk menjaga kenyamanan orang di sekitar anda dengan bau – bauan aneh yang keluar dari tubuh anda, jika lupa memakai parfum.
  • Number Four : Usahakanlah datang tepat waktu, agar bebas memilih tempat duduk untuk mengasingkan diri dari keramaian.
  •  Number five     : Bawa headphone ke kamar mandi. Itu penting.
  •   Number Six      : Hafalkanlah lagi doa masuk WC, jika lupa. Menjaga kalian dari zonk.



   5 bulan tinggal di Asrama buat gue terlatih jadi ahli cenayang, gue bisa tau kalo orang itu abis mimpi basah atau enggak. Dari sekian kejadian yang gue temuin di asrama, gue udah buat hipotesis tentang orang – orang yang baru dicurigai dan dipastikan dia itu mimpi basah. Inilah hipotesis gue :

1.      Jika ada orang yang mandi rentan waktu jam 3 – 5 pagi WIB, itu bisa dipastikan orang itu abis mimpi basah, dan kasurnya juga basah.

2.      kalau pas lagi apel pagi ada orang yang lari – lari rambutnya basah, celananya masih rapih baru diambil dari lemari, mukanya musam kedinginan, orang itu juga patut dicurigai dia abis mimpi basah.

3.      Jika ada orang pagi – pagi udah mandi padahal gak ada kelas pagi, dan setelah itu dia jemur alas tidur tapi tempat tidurnya tidak ikut dijemur, bisa dicurugai juga orang itu abis mimpi basah

4.      Kalo ada orang yang tadinya mandi dan gak lama mandi lagi, bisa juga dipastikan orang itu abis…. Yah pokoknya basah tapi gak pake mimpi.

                Ada saat tertentu yang bikin gue bosen dan gak betah tinggal di asrama ini, susah mencari apa yang kita butuhin. Yah itu yang bikin gue penat. Cuma buat cari kain lap aja tuh susah, cari gunting kuku aja gak ada. Temen kelas gue kukunya sampe panjang banget, itu mungkin efek  dari susahnya cari gunting kuku di asrama ini, atau juga itu efek dari kebanyakan nonton film nenek lampir, secara gak langsung dia terinfluence buat niru kuku nenek lampir.

                Cuma di Asrama ini juga kalau lagi tidur gue sering kebangun gegara alarm temen – temen lorong. Seru banget, udah kaya perang alarm. Ngeselinnya, Orang si pemasang alarm itu malah gak bangun – bangun. Temen sekamar gue contohnya, dia pasang lagu Avenged sevenfold, yah avenged sevenfold itu lagu keras, metal. Dia tetep gakbangun, mungkin udah tinggal berpuluh binatang kecil di kuping dia, makanya suara yang begitu kerasnya gak ada efek sama sekali buat dia.

Padahal menurut gue nih, pasang lagu buat dijadiin alarm adalah sesuatu yang gak efektif, itu bisa mengurangi kecintaan kita sama lagu tersebut. Coba deh buat percobaan, satu minggu aja kita tidur di atas jam 1 malem, dan pasang alarm jam 5 pagi dengan lagu yang paling kita suka, dan coba lihat seminggu kemudian, apa kita masih suka dengan lagu tersebut?  

             Gue ngerasa siklus hidup gue berubah drastis setelah tinggal disini. Makanan, kebersihan, dan lain – lain. Gue pernah makan indomie satu hari full tanpa makan nasi, akan dramatis kalau sewaktu – waktu ibu gue tau kalo anak tercintanya ini menderita tinggal di arama. Makanan pokoknya jadi Mie instant , dan air buat masak indomie sama warnanya kaya warna air di cisadane, Butek. Pasti ibu gue nangis tersedu – sedu ngebayangin anaknya di asrama yang tersiksa tinggal tulang dibalut kain lap ( kulit gue gak putih, kaya kain lap abis dipake lap tumpahan kopi ) .

Eh tapi, Sebusuk apapun tinggal di asrama, ada juga yang buat gue bisa nyaman disini. orang – orang yang ada di dalemnya itu yang bikin gue nyaman tinggal disini. Kita emang bukan keluarga primer bukan juga keluarga sekunder, tapi kita itu orang – orang yang gak beruntung dan coba dibuat menjadi keluarga oleh tuhan semesta alam. Banyak makanan nganggur yang bisa kita rampas, mencegah kematian karena kelaparan itu contoh hal yang gue sukain di asrama, Banyak temen buat belajar bareng, jadi kita gak terlalu apatis dengan kehidupan sekitar, sepintar apapun kita, tetap saja kita membutuhkan orang – orang yang ada di sekitar kita. Bersosialisasi, agar di kehidupan nyata yang sangat keras, kita terbiasa dengan keramaian dan keberagaman. Orang – orang disini pun kemauan mereka buat sukses sangat – sangat tinggi, faktor tempat tinggal mungkin termasuk yang membuat mereka ke-push semangatnya buat sukses, mereka merantau dari jauh dan tinggal disini sendiri, dan di bayangan mereka, mereka bisa pulang dengan gelar sarjana ke tempat tinggal mereka masing – masing. Atribut – atribut buat nyemangatin diri sendiri sudah mereka buat dengan caranya masing – masing. 




itu papan tulis gue





ini punya temen gue, buat pergi umroh katanya, amin.




ini punya temen sekamar gue





Dan yang terakhir itu punya gue.


Iya. itu semua adalah hal – hal yg buat gue masih betah tinggal disini. Hal yang buat gue masih mikir untuk minggat dari tempat ini. My fist dormitory, tempat bernaung gue selama satu tahun ke depan, tempat buat memulai masa depan cerah gue, tempat dimana gue ketemu manusia aneh yang sialnya malah jadi akrab sampai sekarang, tempat itu semua adalah asrama…
           

Kami adalah insan asrama….

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulas Film : Aladdin

                              Will Smith Steal The Show, Aladdin and Jasmine Steal The Heart Sinopsis : Film Aladdin adalah film Live-Action Disney yang kesekian kalinya, bercerita tentang pemuda yatim piatu miskin yang tinggal di sebuah kota bernama Agrabah dan hanya ditemani dengan seekor monyet cerdik bernama Abu. Suatu hari, Aladdin bertemu dengan Putri Kerajaan yaitu Putri Jasmine yang sengaja menyembunyikan identitasnya di kerumunan pasar. Putri Jasmine adalah anak dari Raja Kerajaan Agrabah, kerajaan yang juga memiliki penasihat kerajaan yang secara tersembunyi memiliki keinginan jahat untuk menguasai kerajaan dengan cara mencari Lampu Ajaib yang konon bisa mengabulkan segala permintaan. Pertualangan dimulai ketika Aladdin lah orang yang bisa menemukan lampu ajaib tersebut terlebih dahulu dari penasihat kerajaan Agrabah. Ulasan : Aladdin adalah film Live-Action Disney yang hadir ke layar bioskop setelah Dumbo dan Christopher Robin. Layaknya Film Live-Action Di

IPB OH IPB

          Yeay akhirnya setelah sekian lama, Blog gue bisa kebuka lagi *kayang sambil minum es           Akhirnya juga setelah beribu-ribu tahun, gue bisa celoteh panjang yang insya Allah gak ada yang liat. Bukan.. bukan karena gue gak mau kasih liat, tapi emang gak ada yang mau liat, gak ada yang visit blog gue. oke mulai.... Bulan puasa, bulan yang penuh rahmat, dimana semua orang berlomba-lomba berbuat kebaikan, dimana pahala di lipat gandakan, disitu pula orang terlihat mengenaskan. Banyak banget orang-orang yang kerjaannya cuma tidur-tiduran, entah di kamar, kostan, atau di tempat yang paling nyaman buat numpang tidur, balkon masjid. Gaya tidurnya pun macem-macem, ada yang selow tidurnya kaya putri salju, ada juga yang tidurnya beringas kaya beruang madu yang lagi operasi cesar.           Eh tapi Gue gak mau cerita tentang ramadhan, dosa. Gue mau cerita tentang............ IPB *jeleger . Kampus tercinta, kampus hijau, kampus yang gue impi-impiin

Ulas Film : Film Wewe Gombel Versi Latin Tidak Lebih Seru dari Wewe Gombel Versi Lokal

Film The Curse Of The Weeping Woman sudah menarik untuk dilihat ketika tiba – tiba ganti judul yang awalnya The Curse of La Llorona menjadi The Curse Of The Weeping Woman. Hal yang menarik lainnya adalah karena film ini diproduseri oleh James Wan yang kemarin sukses dengan Aquaman dan juga sebelum-sebelumnya cukup sukses dengan The Conjuring Universe . Film La Llorona termasuk ke dalam Universe-nya The Conjuring, tepatnya beberapa tahun setelah film Anabelle yang pertama. Premis film The Curse Of The Weeping Woman adalah tentang seorang Orang tua tunggal yang mempertahankan kedua anaknya yang ingin diambil oleh roh jahat La Llorona. La Llorona sendiri mempunyai history perempuan yang membunuh anak-anaknya karena sakit hati diselingkuhi oleh sang suami, kemudian membunuh dirinya sendiri dan menjadi roh jahat yang ingin mengambil setiap anak – anak yang tak lagi disayangi oleh orang tuanya. Roh Jahat ini disebut sebagai La Llorona... atau bisa juga disebut di Indonesia seba